Minggu, 04 April 2010

SAHABAT BUMI: Seminar Green Community Development: Pelestarian Lingkungan Melalui Pemberdayaan Masyarakat. Ekspo. Lomba Fotografi














SAHABAT BUMI: Merupakan sebuah persembahan Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam "Ganesha"ITB untuk Hari Bumi sekaligus untuk menanamkan kembali nilai- nilai tentang lingkungan ke dalam benak para anggota

dan juga para partisipan acara Sahabat Bumi ini. Karena, tampaknya KMPA ''G"ITB. Begitulah kami sering disapa. telah lama tidak membuat acara seperti ini.

SAHABAT BUMI dengan tema "bersama kita wariskan bumi yang sehat bagi anak cucu kita". Terinspirasi dari keadaan bumi yang semakin rusak, tentunya kita ingin anak cucu kita masih bisa menikmati keindahan alam, contohnya mendaki gunung- gunung yang indah, memasuki goa, masih bisa memanjat tebing, ataupun bisa merasakan nikmatnya jeram- jeram Indonesia. KMPA yang menyadang nama sebagai "pecinta alam" merasa punya kewajiban tersendiri dalam keikutsertaannya menyelamatkan lingkungan ini, minimal tempat "bermain kita" kan?

SAHABAT BUMI: meliputi 3 acara, dengan harapan masing- masing acara ini dapat memberikan inspirasi tersendiri bagi kalian yang hadir dalam acara.
1. SEMINAR, mengangkat tema Green Community Development: Pelestarian Lingkungan Melalui Pemberdayaan Masyarakat.
Berawal dari keinginan untuk menjadikan masyarakat desa yang sering bersinggungan dengan seorang "pecinta alam" menjadi cerdas dan berwawasan lingkungan.
Melalui seminar ini , KMPA berharap dapat menggabungkan hal- hal yang telah kita lakukan untuk lingkungan dalam membentuk suatu konsep pembentukan komunitas hijau dengan melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat itu sendiri bebasis lingkungan.
Untuk membuat konsep itu, maka KMPA mengundang berbagai pihak yang berasal dari pemerintahan. LSM. dan para praktisi lingkungan untuk turut membagi ilmu mereka dalam seminar ini. Tidak hanya pembicara hebat, moderator hebat pun turut diundang dalam seminar ini.
Seminar ini akan diadakan pada tanggal 23- 24 April 2010 mulai dari jam 8- 16.00 di Lapangan Basket Kampus Institut Teknologi Bandung. Walaupun terletak di outdoor. Jangan khawatir, panitia akan menyulapnya menjadi ruangan nyaman. mengapa di outdoor? Karena KMPA ingin, acara ini menjadi milik kita bersama.
Peserta pun akan mendapatkan banyak fasilitas menarik: seminar kit, sertifikat, coffee break, dan lunch.
cukup dengan membayar Rp 50.000 untuk kalangan mahasiswa dan Rp 100.000 untuk kalangan umum. Pembayaran dapat dilakukan secara langsung ke Sekretariat KMPA 'G'ITB di Jalan Ganeca no. 10 Sunken Court W- 03, Kampus ITB Bandung atau ke rekening BNI Cabang ITB dengan nomor 0129330295 dengan melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke penanggung jawab acara seminar, yaitu: Yositalida KF. ( Yostal) : 085697627303/ ys_tld@yahoo.com/. yositalida@gmail.com. Dan untuk Mahasiswa ITB, segera akan dibuat Stand Pendaftaran bertempat di gerbang Ganesha.
Gak akan rugi untuk kamu membayar dengan harga segitu, dibandingkan denagan ilmu, fasilitas, dan pengalaman yang akan kamu dapatkan selama 2 hari. Dan seminar ini juga tidak berdiri sendiri, karena akan dimeriahkan oleh EXPO yang menghadirkan banyak tamu menarik.

Pembicara dan moderator yang akan hadir pada tanggal 23 April 2010 adalah:


PEMBICARA

Prof. DR. EMIL SALIM. mungkin namanya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dengan umurnya yang cukup senior, tidak mengurangi kiprah beliau di dunia lingkungan. Dan penghargaan yang terakhir diterimanya pada tanggal 5 juli 2009 adalah Dokter Kehormatan ITB atas sepak terjang dan pengabdian beliau. Terutama terhadap pemikiran2 beliau mengenai sustainable development.
Bapak Emil Salim merupakan salah satu ekonom yang menjadi tokoh peletak dasar ekonomi Indonesia pada awal tahun 1970-an sehingga diberikan kepercayaan untuk membentuk dan memimpin Kementrian Lingkungan Hidup yang pertama di Indonesia. Berdasarkan kepercayaan itulah lahir pula UU No. 4/1982 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup. UU ini merupakan UU pertama yang mengatur masalah lingkungan di Indonesia sekaligus menjadi dasar bagi lahirnya peraturan-peraturan lingkungan seterusnya. Pemikiran beliau terus berlanjut untuk mengupayakan pertemuan konsep pembangunan dengan lingkungan, dan konsep ekonomi dengan ekologi. Pemikiran-pemikiran tersebut dituangkan dalam bukunya yang berjudul Lingkungan Hidup dan Pembangunan (Penerbit Mutiara, 1979) dan Pembangunn Berwawasan Lingkungan (LP3ES, 1986).

Dengan sepak terjang beliau inilah, kami sedang terus memfollow- up kehadiran beliau di acara seminar ini untuk memberikan closing speech: GREEN COMMUNITY DEVELOPMENT



Prof. Ir. SURNA TJAHTJA DJAJADININGRAT , M.Sc. PhD. "
Pak Naya. begitulah beliau sering disapa. Merupakan pembina KMPA 'G'ITB dan merupakan anggota kehormatan pertama KMPA "G"ITB.

Beliau merupakan mantan Dekan Sekolah Bisnis Manajemen ( SBM) ITB dan juga aktif dalam bidang Lingkungan.
Beliau juga merupakan salah satu promotor Prof. Dr. Emil Salim dalam Sustainable Development.
Beliau merupakan Guru Besar Manajemen Lingkungan Institut Teknologi Bandung.
Dengan segudang ilmu yang beliau ketahui tentang Sustainable Development. KMPA menghadirkan beliau sebagai pembicara untuk opening speech: SUSTAINABLE DEVELOPMENT *) confirmed



Ir. Rachmat Nadi Witoelar Kartaadipoetra. Atau biasa dipanggil dengan sebutan Bapak Rachmat Witoelar. Merupakan Mantan Menteri Lingkungan Hidup pada Kabinet Indonesia Bersatu- SBY.
beliau juga merupakan lulusan Arsitektur tahun 1970 ITB. Dan saat ini, beliau menjabat sebagai Ketua Harian Dewan Nasional Perubahan Iklim ( DNPI). Dengan pengalaman beliau di kursi pemerintahan, dan juga di DNPI.
Beliau akan memberikan paparan tentang LINGKUNGAN INDONESIA

*) confirmed dan dalam follow- up




LEONARD SIMANJUNTAK. Beliau merupakan salah satu "lulusan" KMPA 'G' ITB, dan seperti Mas Prima, merupakan salah satu angkatan pendiri KMPA pada tahun 1991.
Merupakan lulusan Teknik Perminyakan ITB angkatan 1987.
Dan sekarang beliau menjabat sebagai Programme Manager Desentralization di United Nation Development Programme ( UNDP) dan juga sebagai Badan Pengurus di Greenpeace Indonesia
dengan jabatan beliau saat ini, KMPA berharap baliau dapat memberikan gambaran tentang LINGKUNGAN INDONESIA saat ini.

*) confirmed




MODERATOR:
AULIA PRIMA KURNIAWAN. Salah seorang pendiri KMPA Ganesha ITB, alumni Fisika ITB angkatan 1989, dan mantan Sekjen Ikatan Alumni ITB Daerah Jakarta (2005 - 2009).

Aulia Prima adalah salah seorang alumni KMPA-G yang menjadi entrepreneur dalam bidang Knowledge Management (KM) consulting sejak 2007, selepas pengabdiannya sebagai Associate Director di Ernst & Young.

Aktivitas kepencintaalaman berbasis lingkungan hidup yang telah digelutinya sejak mahasiswa, membentuk wawasannya dan mewarnai pemahamannya yang mumpuni dalam strategi dan KM tersebut. Kombinasi inilah yang membuatnya diundang oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) pada awal 2007, semasa beliau menjabat sebagai Sekjen IA ITB Jakarta, untuk menyusun tinjauan kritis terhadap Rencana Aksi Nasional untuk Perubahan Iklim (RAN-PI) Indonesia yang diajukan pada saat COP-13 UNFCCC di Bali, Desember 2007 lalu.

Saat ini Aulia Prima aktif sebagai Wakil Ketua Ikatan Alumni Fisika ITB, dan juga tengah membantu banyak pihak dalam pembenahan strategi, serta pengelolaan informasi dan pengetahuan; yang kebetulan pula sebagian besar client-nya adalah organisasi dengan agenda-agenda terkait penanganan perubahan iklim dan peningkatan kualitas hidup manusia.


HARI 2: SABTU/ 24 APRIL 2010

Setelah mendapatkan gambaran tentang asal usul ide GREEN COMMUNITY DEVELOPMENT pada hari pertama. Pada Hari ke- 2 ini, KMPA ingin memberikan fasilitas kepada para partisipan untuk turut aktif dalam pemikiran- pemikirannya tentang lingkungan. Terutama dalam 4 aspek yang akan dibahas, yaitu: PERUMAHAN. WASTE MANAGEMENT. SANITASI LINGKUNGAN DAN MASYARAKAT. dan ENERGY: MIKROHIDRO. melalui diskusi interaktif yang akan dipimpin oleh seorang moderator.

PEMBICARA
MARCO KUSUMAWIJAYA. Merupakan pembicara pada SESI 1: PERUMAHAN ( Green Building). Beliau merupakan salah satu lulusan Universitas Parahyangan Jurusan Arsitektur. Beliau merupakan seorang Arsitektur dan juga perencana tata ruang kota, dan jurnalis. Beliau juga menjadi salah satu inisiator pembuatan Green Map network Indonesia dan Jakarta.
Dengan pengalaman yang beliau punya. Diharapkan beliau dapat menjadi narasumber untuk pembentukan GREEN BUILDING.

*) Confirmed dan akan datang pada 2 hari acara







DAVID SUTASURYA. Merupakan lulusan Biologi- FMIPA angkatan 1989. Merupakan Direktur Eksekutif salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM) yang bergerak dalam bidang waste management, YPBB ( Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi).
Dengan segudang pengalaman dan workshop yang beliau telah berikan. Diharapkan Mas David dapat berbagi ilmu dan menjadi narasumber di dalam bidang waste management.

*) confirmed


Dr. Ir. Katharina Oginawati, M.S. Sering disapa dengan panggilan Bu Ogi. merupakan salah satu dosen ITB di Jurusan teknik Lingkungan. Beliau mendalami bidang Teknologi Manajemen Lingkungan, terutama di Bidang Sanitasi Lingkungan dan Kesehatan Lingkungan.
Dengan keahliannya dan pengetahuannya di bidang Sanitasi ini.
Diharapkan para partisipan mendapat gambaran mengenai bagaimana membentuk sanitasi masyarakat yang bagus dan dapat diaplikasikan.

*) confirmed





TRI MUMPUNI WIYATNO. Beliau merupakan pendiri dari Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM) yang bergerak dalam bidang Energi yaitu: Institut Bisnis Ekonomi Kerakyatan ( IBEKA), yaitu Mikrohidro.
Seperti yang kita ketahui, bahwa salah satu permasalahan saat ini, adalah tentang permasalahan energi.



*) Confirmed. akan digantikan oleh staff IBEKA ( Sapto Nugroho : Managing Director IBEKA) karena beliau berhalangan hadir



MODERATOR

Muhammad Bijaksana Junerosano. Atau sering disapa dengan nama Sano. Akan bertindak sebagai moderator yang mengarahkan diskusi. Beliau merupakan lulusan Teknik Lingkungan ITB angkatan 2001. Dan merupakan pendiri dari unit U- Green ITB, yaitu unit yang bergerak di bidang Lingkungan Hidup. dan juga salah satu pendiri Greeneration Indonesia. Kiprahnya di bidang Lingkungan tidak perlu diragukan lagi.

*) confirmed dan dalam follow up




Dengan deskripsi acara dan profil para pembicara ini. Semoga semakin menguatkan hati temen- temen untuk datang ke acara SAHABAT BUMI. Karena acara ini milik bersama.

Tidak lupa akan ada Band yang tampil untuk memeriahkan acara di sela- sela coffee break.
*) Datang yaaa!!!!ditunggu comment dari temen- temen!

EKSPO SAHABAT BUMI : Kita Cinta Bumi. Bumi Cinta Kita

Selain menghadirkan seminar, Sahabat Bumi juga menghadirkan Ekspo yang akan dihadiri oleh Corporate Social responsibility ( CSR) perusahaan, LSM ( Lembaga Swadaya Masyarakat), Outdoor Gear, Usaha Kecil Menengah ( UMKM) Daur ulang, stand Makanan, Band Kampus, dan juga Talk Show yang akan menghadirkan Dik Doank.

Band Kampus yang akan tampil adalah: HMT OSD. Merupakan Band Dangdut khas Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan ( HMT) ITB. Dijamin dengan adanya mereka, suasana makin rame!

Unit Kesenian Palembang- MUsi

Dan gak ketinggalan Dik Doank.
Dik D
oank yang merupakan salah satu selebriti tanah air ini, juga merupakan salah satu aktivis lingkungan. Di mana beliau memiliki suatu wilayah kawasan KANDANG JURANG DOANK. yang merupakan salah satu kawasan berwawasan lingkungan.
Pada ekspo kali ini, beliau akan memberikan Talk show seputar Kandang Jurang Doank ini dan tentunya akan memberikan persembahan lagu



Contact Person: Yosi Ayu Aulia ( Yosay) : 085720109089






PHOTOGRAPHY CONTEST: Love For Earth. Earth For All

Merupakan persembahan dari KMPA untuk mereka yang menyukai semua tentang fotografi. Diharapkan dengan adanya lomba yang FREE ini, bisa memfasilitasi mereka yang punya hobi ini.
Hanya dengan mengirimkan foto bertemakan lingkungan dan aktivitas manusia.
( info selengkapnya: lihat di postingan sebelumnya)


Contact Person: Kanya Anindita ( Kanya): 085722324522

KMPA sangat mengharapkan kehadiran kalian semua.
Karena acara ini untuk kita semua.
Untuk Lingkungan kita.
Tidak ada Perubahan yang datang dari satu pihak.
Tapi perubahan datang karena kekuatan yang datang dari banyak piha
k.


BERSAMA KITA WARISKAN BUMI YANG SEHAT BAGI ANAK CUCU KITA

Contributed by:
Yositalida Kamaratih Fauzi ( Yostal)
Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam "Ganesha"ITB
G- 231- XVIII
Farmasi Klinik Komunitas ITB 2007

5 komentar:

Maman D. C mengatakan...

Yoooi!!!

Ayooo ayooo dateng semoa moaaaaaaaaa!

asik loooo!

Mantab!

KMPA "Ganesha" ITB mengatakan...

asik. ayo dateng ayo dateng seRT juga gapapa.

bitu mengatakan...

smangat..smangat..
semoga acaranya sukses,,
amiiiinnn

Anonim mengatakan...

Sori, cuma mau ngeralat aja. Sano moderator hari kedua itu alumni angkatan 2000.

Sewa Laptop mengatakan...

wah jadi kepingin ikutan,
cz kelihatannta bagus dan menark banget