Rabu, 18 Juni 2008

Peserta : Aldi, Ari, Dhika, Heri, Yudhi, Muhsin

Pembimbing : Alam, Arfan, Haqul, Irfan, Maman, gustaf

Jum’at, 30 Mei 2008

Kami berangkat dari sel menuju Cicenang dengan menggunakan motor pada pukul 20.00 dan tiba disana pada pukul 21.00. Setibanya disana kami langsung mendirikan camp, berbincang-bincang, dan menentukan rundown untuk keesokan hari bersama Maman. Tepat pukul 23.00 ketika kami bermaksud beristirahat, kami kedatangan beberapa anggota G yang kebetulan ingin refreshing di tempat yang sama, yaitu Gugum, Mala, dan Ana, ditambah Gemen, Riko, dkk.

Sabtu, 31 Mei 2008

Kami memulai aktivitas pada pukul 06.30, dilanjutkan dengan packing dan beres-beres. Kemudian dilanjutkan dengan makan pagi yang dibawakan oleh Irfan. Selain itu, juga ada Muhsin dan Gustav yang menyusul dari Bandung.

Kegiatan navdar (navigasi darat) terbuka dimulai pada pukul 08.30, atau terlambat 30 menit dari rundown yang direncanakan karena makan pagi yang terlalu lama. Setelah itu, kegiatan dimulai dengan menentukan titik awal secara perorangan. Tepat pukul 09.00 kami membandingkan titik awal masing-masing peserta dan dievaluasi oleh pembimbing. Setelah penentuan titik awal, kami diberi lima buah koordinat yang selanjutnya harus kami capai pada kegiatan navdar terbuka ini.

Tepat pukul 09.30 kami memindahkan barang-barang bawaan kami (carrier, tenda, dll) dan menitipkannya di warung kopi di pinggir jalan raya. Kegiatan dilanjutkan dengan membentuk tiga tim. Tim pertama adalah Aldi dan Muhsin dengan pembimbing Alam dan Arfan, tim kedua adalah Yudhi dan Ari dengan pembimbing Irfan, dan tim ketiga adalah Dhika dan Heri dengan pembimbing Maman dan Haqul. Setelah itu, masing-masing tim berpencar menuju kelima titik tersebut.

Tim direncanakan kembali berkumpul di warung kopi pada pukul 15.00. Tim kedua dan ketiga tiba tepat waktu, sedangkan tim pertama datang 1 jam kemudian atau pada pukul 16.00. Keterlambatan dikarenakan tim pertama mencoba untuk mencapai seluruh titik, sementara kedua tim lainnya hanya mencapai tiga titik.

Kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi oleh para pembimbing. Kemudian kami kembali dari Cicenang menuju sel pada pukul 17.00.

Evaluasi Perjalanan :

1. Penyediaan makan pagi kurang dipersiapkan. Kami baru menitipkan makanan kepada Irfan via sms pada pukul 06.30, sehingga makan pagi terlambat.

2. Pada awal kegiatan kami langsung menentukan titik awal dan menuju kelima titik tujuan tanpa meminta briefing atau materi singkat terlebih dahulu, sehingga kegiatan navdar terbuka secara keseluruhan kurang lancar karena beberapa dari peserta kurang mengerti atau lupa.

3. Tim pertama terlalu memaksa untuk mencapai kelima titik tujuan, sehingga waktu evaluasi akhir oleh pembimbing menjadi terlambat.