Selasa, 25 April 2006

[Cakrawala-Maret2006] Safety Procedure Peralatan dan Perlengkapan dalam Perjalanan Alam Bebas



Melakukan perjalanan di alam bebas adalah suatu aktivitas menyenangkan dan bermanfaat. Banyak pelajaran yang didapatkan dari alam , juga dapat memupuk rasa cinta tanah air. Berjalan menusuri rimba, melewati jurang yang terjal, dan mendaki bukit, mengagumi dan mencintai pemandangan alam yang terbentang luas. Mensyukuri apa yang telah diberikan oleh Sang Pencipta kepada hamba Nya.

Bagaimanapun melakukan perjalanan di alam bebas tidak menjadi habitat bagi kehidupan manusia modern. Perjalan di alam bebas tidaklah sama dengan perjalanan di kota, sehingga dibutuhkan pengetahuan, kemampuan, dan hal-hal khusus lainya untuk melakukan aktivitas tersebut, salah satunya adalah peralatan perjalanan.

Dalam melakukan perjalanan, beberapa hal yang harus kita ingat sebagai pelaku perjalanan adalah harus melakukan keseharian kita sendiri seperti memasak, makan, tidur, dll. Sehingga diperlukan peralatan-peralatan standar dan aman untuk menunjangnya.

Apa saja peralatan dan perlengkapannya ? yuk kita bahas….,

  1. SEPATU.

Sepatu yang digunakan harus dapat melindungi kaki dari luka dan kemungkinan cidera lainya, selain itu sepatu juga harus nyaman, dan dapat menghindari seminim mungkin resiko kita terpeleset saat berjalan. Jenis sepatu yang cocok adalah sepatu boot karena melindungi pergelangan kaki.Elastis untuk kenyamanan, dan memiliki sol dengan kembang2 yang besar dan ceruk yang dalam untuk menghindari kita tergelincir / terpeleset.

  1. PAKAIAN.

Pakaian yang baik adalah tebal ,tidak kaku dan dapat menyerap keringat. Katun atau wol dapat digunakan.hindari penggunakan jeans, karena sukar kering dan mudah basah saat terkena air.

Sweater dan jaket tebal kudu dibawa untuk mencegah penurunan suhu tubuh saat istirahat atau saat cuaca dingin.

  1. JACKET.

Pilih jaket yang berbahan isian (down jacket ). Kelemahan dari bahan ini adalah berat dan memakan banyak tempat dalam ransel. Jaket lain adalah yang memiliki dua lapisan (double layer ), lapisan dalam terbuat wool atau polartex untuk menjaga kehangatan dan menyerap keringat. Sementara lapisan luarnya berfungsi untuk menahan air dan angin masuk, biasanya terbuat dari bahan Gore-Tex.

  1. RANSEL ( CARRIER ).

Gunakan ransel yang memiliki rangka.Selain menjaga agar ransel tegak berdiri, berfungsi juga untuk menjaga jarak antara punggung dan ransel, sehingga punggung terhindar dari sakit saat membawa barang-barang yang keras, juga agar punggung ‘dapat bernafas’. Penggunaan ransel yang baik adalah rangka bawah berasa di sekitar pinggang. Ransel dengan banyak kantong akan memudahkan mengambil barang2 namun membuat ransel menjadi kurang seimbang. Pilihlah bahan nilon atau kanvas. Bahan nilon kedap air dan ringan saat basah, sementara kanvas lebih tahan terhadap goresan.

  1. RAINCOAT / JAS HUJAN.

Raincoat yang baik adalah yang dapat mencegah masuknya air dan angin, juga memiliki lapisan lilin yang tahan lama.

  1. TOPI LAPANGAN.

Berguna untuk menghindari kepala dari panas dan cidera akibat terkena cabang, ranting pohon,dsb. Dapat juga menggunakan Slayer .

  1. SENTER.

Memiliki penerangan yang baik dan tahan terhadap perubahan cuaca, mudah dibawa dan kuat.

  1. PISAU.
  2. PERALATAN P2

Untuk pelaku perjalanan tingkat lanjut wajib membawa peralatan tambahan seperti Peta, Kompas, Webbing, Golok, dsb.

Untuk perjalanan yang memakan waktu lebih dari satu hari dibutuhkan juga peralatan untuk berkemah, seperti :

  1. TENDA DOME.

Dome praktis digunakan karena tidak memerlukan banyak tali. Dome memiliki dua rangka utama. Pilihlah rangka yang terbuat dari aluminium karena lebih kuat. Ringan, dan lentur ketimbang mika.

  1. SLEEPING BAG.

Usahakan Sleeping Bag selalu dalam keadaan kering.

  1. MATRAS.

Pilihlah matras yang kuat dan nyaman.

  1. PERLENGKAPAN MASAK.

Dapat menggunakan kompor berbahan bakar paraffin, spiritus, atau minyak tanah.Untuk wadah memasaknya dapat menggunakan satu set misting / nesting. Piring, gelas, sendok, garpu sebaiknya terbuat dari melamin atau plastik, karena tidak mudah pecah dan mudah dibersihkan.

Bila membawa korek api, simpanlah dalam tabung film untuk mengihindari terkena air (basah).

Tidak ada komentar: