Jumat, 16 Maret 2012

Gua Keraton




     Ternyata jadi juga ke gua keraton.
     Ketua perjalanan baru dipilih pas presentasi GH, itu tuh H-2. Akhirnya Usie lah yang terpilih. Usie sibuk koordinasi dengan Nda mengenai perjalanan ke Keraton. Kami ke Keraton dengan anak-anak Maranata plus Nda. Pembagian tugas pun ditentukan lewat sms, gw sebagai konsumsi dan bowo sebagai logistik. Pembagian tugas itu dilakukan H-1. Untung H-2 kami sudah ke PA lain untuk meminjam alat. Gw, Nurul dan Sojo ke Mapenta UNISBA. Ada juga yang ke Bramatala dan Himpala. Oh iya, personil kami untuk ke gua keraton tuh Bowo, Bellys, Yoga, Usie, dan Nurul.
     Alat-alat untuk vertikal di Keraton tuh yang bawa KMPA, karena ternyata anak Maranatanya tuh bukan anak mapala, mereka anak fotografi yang tertarik masuk gua karena nonton sanctum (tapi sepertinya mereka emang hobi jalan-jalan kok). Kami minjem alat-alatnya dari Himpala dan Mapenta. Tadinya, gw ga dibolehin sama Ibu gw buat pergi naik motor ke Bogor, karena itu Ibu minjemin mobilnya (yaris yang shock breakernya uda rusak) buat dipake ke Bogor.
     Hari H-nya, gw, Usie dan Yoga berangkat duluan bareng Ibu dan Bi Wida. Kami berangkat sebelum shalat Jumat karena harus mengantarkan Ibu ke kantor dulu. Tapi karena jam shalat jumat sudah tiba saat kami naik mobil, jadi kami mengantarkan Yoga untuk shalat jumat dulu di daerah Pasteur. Cewe-cewe nunggu di restoran sambil makan. Tadinya makanan untuk Yoga mau di bungkus aja, ternyata shalat Jumatnya cepet jadi Yoga sempet makan di tempat itu juga.
     Selesai makan, kami langsung ke Jakarta. Bi Wida di drop dulu baru lanjut ke Duren Sawit untuk drop barang-barang Ibu dan ambil ID card Ibu karena Ibu mau langsung ke kantor. Setelah nge-drop Ibu di kantor, kami langsung masuk tol ke Bogor. Ada sedikit heboh pas di tol. Gw tuh hampir aja lupa kalo JAGORAWI tuh artinya Jakarta Bogor Tangerang Ciawi, hampir aja kami salah pilih jalur. Tadinya juga kami mau keluar di toll Bogor, tapi ternyata Nda nyuruh ketemuan di pintu keluar toll Citereup, jadinya kami keluar di toll Citereup itu.
     Kami sampe saat sore (sementara Nda dan yang lain belum juga berangkat). Jadi kami belanja dulu di pasar Citereup, shalat juga, baru pergi ke tempat Linggih Alam. Kami diberi taunya ancang-ancangnya kantor desa, jadi kami nanya-nanya penduduk dengan petunjuk itu. Kami sampai di Linggih alam sekitar jam 8an (perjalanan ke Linggih Alam bener-bener bikin Yoga stress, dia dipusingkan dengan angkot bogor yang begitu amburadul). Ternyata sekre Linggih Alam ada di samping persis kantor desa.
     Di Linggih Alam kami bertemu dengan Anton dan satu orang lagi yang baru aja dateng. Anton emang jadi penghubung antara kami dengan Linggih Alam. Kami ngobrol-ngobrol sampe jam satu pagi sambil nunggu Nda dan rombongan dateng, tapi mereka ga dateng-dateng, jadinya gw dan Nurul tidur aja dulu. Ternyata mereka dateng jam dua pagi (jadinya kami cuma tidur satu jam). Akhirnya pagi-pagi itu kami langsung briefing. Di briefing mah uda dibagi jadi dua kelompok, ada kelompok yang masuk pertama ada yang kedua. Gw jadi kelompok kedua (gw uda ga inget siapa aja kelompok pertama dan kedua).
     Setelah itu kami segera berse-beres dan menaikan alat dan bawaan ke dua mobil (mobil yang dibawa anak Maranata). Kami menuju lokasi dengan dua kloter. Sesampainya kami di hutan depan SD (tempat kami ngumpul), beberapa dari kami langsung pasang alat, yang lain cuma pasang helm. Kami berjalan ke mulut gua keraton.
     Ternyata kami langsung masuk gua dan mendirikan basecampnya di dalam gua. Gua keraton tuh punya aven besar sehingga kami dapat memasak disana. Jadi asapnya ga kekurung di dalam gua. Nda langsung rigging dengan di belay Anton, gw sempet kok perhatiin (walaupun agak kehalangan kepala Yoga), tapi begitu Ndanya ga kelihatan, gw langsung tidur.
     Gw sebenernya sempet bangun beberapa kali, tapi seinget gw, gw cuma benerin posisi tidur aja terus gw langsung tidur lagi. Bangun-bangun, makanan uda jadi (sepertinya yang masak Yoga, Nda, Nurul, tapi gw juga ga gitu yakin). Gw saat itu ga mikir apa-apa. Seinget gw, di keraton tuh gw nge-blank. Yang gw inget lagi tuh cuma rasa kantuk yang amat sangat. Pokoknya abis itu tim pertama masuk gua lagi karena penelusurannya belum selesai (nunggu pengeboman yang jam 12, tapi gw ga ngerasain sih, karena gw tidur). Selama mereka masuk, gw tidur lagi.
     Bangun-bangun tuh beberapa tim pertama uda keluar, jadi gw tetep bangun sampe semua tim pertama keluar. Setelah itu baru deh gw, Anton, Nurul, Bowo, dan satu cowo Maranata (padahal ganteng lho, tapi gw lupa namanya siapa) masuk ke guanya. Urutannya tuh Bowo, anak Maranata, Anton, gw, lalu Nurul. Sampe pitch pertama sih ga terlalu masalah di pitch nya. Tapi masalahnya terletak di penumpukan orang yang abis turun pitch pertama. Saat itu tuh terjadi penumpukan oleh anak Maranata, Anton, gw dan Nurul. Setelah itu Nurul turun duluan sampe abis pitch 3. Disusul anak Maranata baru gw. Gw kena problem pas lewatin intermediate, lama banget rasanya gw bermasalah disana (untung ada Anton yang bantuin), sampe akhirnya gw naik dulu baru langsung ke tali yang menuju ke bawah. Akhirnya gw sampe bareng Bowo, Nurul dan satu anak Maranata. Lagi-lagi terjadi penumpukan sampe Anton pun dateng.
     Setelah Anton dateng, kita baru nyadar kalo terjadi penumpukan lagi. Jadi Bowo langsung ke bawah, baru Nurul kemudian anak Maranata, lalu gw. Pas gw sampe diatas pitch terakhir, ada penumpukan lagi yaitu Nurul dan anak Maranata ga berani ke bawah soalnya banyak friksi. Kalo Bowo mah dia uda terlanjur kebawah. Sampe Anton dateng, dia benerin jalur yang dibuat Nda, baru deh kita semua turun.
     Di bawah tuh bagus banget. Ada dua jalur, (gw bilangnya ke kiri dan ke kanan aja ya). Kalo jalur ke kanan tuh nimbus-nembus ke lorong besar yang nyambung sama chamber besar banget. Di lorong besar itu ada flow stone yang masih putih dan di dalamnya seperti ada jalan lagi. Di chamber besar banget itu kayak banyak sambungan lorong lagi tapi di bagian atas-atas. Lanjutan dari lorong besar tadi juga masih ada sedikit lorong yang sepertinya masih bisa bercabang kalo di lihat secara seklias ya di bagian atasnya.
     Di ujung lorong besar itu batuannya lucu banget. Kayak batuan sedimen yang berasal dari bener-bener batuan yang beda-beda. Di bawah batuan lucu itu juga kami nemu binatang aneh yang sejenis serangga tapi belang-belang putih-coklat. Kaki binatang itu ada sekitar 16 pasang (anak Maranata itu yang itung). Di sepanjang lorong itu, dasarnya dipenuhi lumpur. Air juga masih menetes dari batu-batuan di samping maupun diatas.
     Setelah itu kami balik, kami mau menjelajah lorong yang sebelah kiri. Tapi begitu kami masuk sekita 3 meter, kami menemukan ular kobra yang lagi bareng anaknya (jadi lebih ganas gitu). Karena kami takut kena bisanya, kami naik lagi aja. Kami ga menelusuri lorong itu deh. Kami naik ke dengan urutan Anton, cowo maranata, Nurul, gw, baru Bowo (Bowo jadi cleaner).
     Pas naik tuh gw menemukan sesuatu yang agak janggal. Gw ngelihat di sebelah kiri ruh kayak ada sesuatu yang putih dan berambut gitu. Gw uda mastiin lihatnya sampe dua kali (gw ga berani lihat ketiga kalinya). Ternyata sesuatu itu emang ada. Jadi gw buru-buru banget manjat keatasnya. Pitch terakhir itu 30 meter lho, dan gw melihat sesuatu itu pas baru setengah jalan. Setengah jalan berikutnya tuh bener-bener menyiksa batin banget.
     Selama naik-naik ke pitch berikutnya Alhamdulillah gw ga melihat sesuatu yang lain. Tapi gw dan Nurul tuh naik pitch berikutnya uda dalam keadaan setengah sadar. Beberapa kali kami hampir ketiduran pas nungguin yang lain naik duluan. Lagi-lagi, untuk aja ada Anton. Kami semua sampai atas dengan selamat. Di atas tuh tinggal Yoga dan Stephen saja. Kami langsung tertidur.
     Begitu gw bangun, Nda uda ada, dia uda selesai cleaning. Jadi gw bantu beres-beres yang lain aja. Selesainya beres-beres, kami keluar gua (setelah 28 jam di dalam sana) dan langsung ke SD lagi. Mobil anak Maranata sudah menanti, akhirnya kami berangka ke rumah warga tempat kami nebeng. Disana kami beres-beres, ngobrol-ngobrol dan bersih-bersih. Disana ketahuan bahwa ada satu karabiner kurang (tapi lagi-lagi gw ga merasakan sesuatu yang lain selain “yaudah, kalo ilang mau gimana lagi”). Setelah itu kami kembali ke Linggih Alam (rencana awal kan mau ke satu gua horizontal lagi, tapi karena harus balikin mobil Ibu jadinya ga jadi ke gua horizontal).
     Disana kami ngobrol bentar aja, terus langsung balik ke Bandung. Sekarang gantian, yang naik yaris bukan Usie tapi Bowo. Pengguna Yaris sampe duluan di sel. Kami beres-beres dan masak-masak sambil nunggu Nurul dan Usie yang bareng anak Maranata. Setelah mereka berdua dateng, evaluasi pun dimulai. Kali ini evaluasinya kelam. Kira-kira seperti inilah evaluasi kami (gw agak-agak lupa juga, nulis catpernya di tunda-tunda mulu sih):
     Gw dan Bowo ga bekerja sesuai jobdes kami seharusnya. Gw kan konsumsi, tapi gw malah ga masak, gw bahkan ga ikutan nyuci piring setelah makan. Masakan untuk disana juga ga koordinasi sama anak Maranata. Gw juga ga nulis jadwal masak apa aja (walaupun gw inget sih), gw juga ga nulis bahan-bahan masakan yang harus dibeli. Kalo Bowo, dia ga ikutan beres-beres alat pas paginya, malah Onye yang beresin. Bowo bahkan ga tau dia tuh bagian logistik. Di lapangan, kami ga terlalu merhatiin alat. Alat bergeletakan aja, bahkan Anton yang menjemur alat-alatnya. Pas karabiner ilang, kami juga ga terlihat peduli. Kami juga selama di lapangan tidur-tiduran aja padahal banyak kegiatan yang dapat kami lakukan. Kami bahkan ga berusaha ngobrol sama anak Maranata. Ga berusaha juga nanya-nanya gimana fotografi di gua ke Stephen. Kami kerjaannya tidur terus. Menejemen perjalanan kami parah banget.
     Besoknya, seharusnya kami beres-beres. Tapi karena gw dan Bowo balik ke kosan. Gw ga bisa bangun pagi, alhasil, besoknya gw bangunnya uda siang menjelang sore (begitu gw sampe sel, alat-alat uda di cuci kecuali yang besi, muka Usie uda nyeremin). Gw akhirnya cabut ke Jakarta buat balikin mobil (ditemenin Dinda). Gw bener-bener ngobrol puas sama Dinda. Walaupun besok paginya gw langsung balik lagi ke Bandung, gw juga sempet ngobrol sama Ibu gw (tanpa Ibu gw sadari, dia uda menanamkan lagi semangat gw yang uda padam setelah perjalanan citatah bersama anak RC itu). Gw balik lagi ke Bandung naik kereta. Sampe Bandung, gw masih ketemu dengan muka Usie yang serem, untung beberapa jam setelah itu, Usie uda ga serem lagi (berarti seenggaknya uda ga marah lagi dengan apapun yang ga gw kerjakan). Tanpa gw sadari, ternyata perjalanan ke gua keraton ini adalah perjalanan terakhir gw bareng Bowo ke lapangan karena kondisi kesehatan dia yang tidak memungkinkan [untuk tahun ini ya, semoga tahun-tahun kedepannya gw masih bisa ke lapangan sama Bowo].

Tidak ada komentar: