Jumat, 16 Maret 2012

Pemetaan Cimanuk 2



Oleh : Widiana Mutyasari (GM-017-XX)
13 Juni-14 Juni 2011
Tanggal  13 Juni pk 18.00 Aufa,Widi, Hapsoh, dan Yoga sebagai driver berangkat ke Garut dengan pick up gw(Widi) menyusul yang lain. Yana , Yodi, Emil, Jekim, Yasir sudah berada di Uniga untuk fun rafting. Malah Yana dan Yodi sudah di Uniga hamper 5 hari karena ikut latihan gabungan river rescue. Aufa jg ikut latihan gabungan,tapi dia pulang duluan karena ada kuliah. Kami sampai di Uniga kurang lebih pk. 21.00.Ngaret banget..karena mas Ganteng sama Aufa dating ke rumah Widi ‘agak’ terlambat ditambah nyasar dulu sampai ke Jatinangor. Begitu sampai di Uniga , tidak lama kami semua langsung menuju Cilawu untuk istirahat dan materi kelas pemetaan disana. Dengan Yasir sebagai driver, semua naik ke pick up menuju Cilawu. Untunglah kami sampai ke Cilawu dengan selamat. Materi kelas pemetaan langsung dimulai di saung sambil ada yang makan malam. Materi diberikan oleh Emil( calon sarjna Geodesi) dan Jekim kurang lebih pk23.00 sambil pada ngantuk-ngantuk. Memang jadwal kali ini agak kacau karena satu dan lain hal. Tapi materi cukup tersampaikan. Setelah materi selesai, kami briefing sebentar untuk besok lalu semua istirahat tidur.
Kami bangun pk04.30 lalu sarapan snack dan minum kopi dan energen. Pk 05.30 kami semua langsung berangkat menuju Gerhana(kali ini Yana drivernya). Sampai di Uniga semua langsung mempersiapkan logistic pengarungan dan pemetaan (GPS, papan jalan, kalkir, penggaris, pensil) lalu sarapan nasi kuning. Kami sempat sedikit bingung mencari tim darat karena anak Gerhana pun ikut turun bersama kami, sedangkan Kang Wek jg sedang sakit.Oh iya ada teman baru jg yang ikut pengarungan kali ini, yaitu Teh Ica dan Teh Dede.  Akhirnya Kang Wek berhasil meminta supir angkot, namanya Mang Imin untuk menjadi tim darat. Pk 09.00 pun kami berangkat menuju Leuwigoong. Pengarungan dimulai pk 10.30 dengan 3 perahu (1 perahu anak Gerhana). Begitu turun Aufa dan Emil mengukur ketinggian air saat itu di titik start. Kami akan  memetakan jeram dan eddies sampai bendungan dengan Hapsoh sebagai Sketcher  yang akan menggambar keadaan sungai, Widi sebagai Plotter yang mengeplot titik d GPS, dan Aufa sebagai Documenter  dan Measurer  yang bertugas mengambil foto dan mengukur  tinggi air atau panjang jeram bila diperlukan. Awal pengarungan pemetaan ini kami GLorad masih agak lemot dan belum terbiasa dengan tugas masing-masing sehingga sempat membuat kesal Keparad dan yg lain karena harus menunggu lama. PEngarungan  pemetaan memang membutuhkan kesabaran karena  hamper setiap bertemu jeram kami harus berhenti untuk mengeplot (kadang lewat darat), manggambar, dan memfoto. Bagian yang lama (rebek dan ribet jg) adalah memasukkan dan mengeluarkan barang dari drybag dan Lock n Lock. Tapi setelah beberapa kali, kami mulai terbiasa dengan tugas masing-masing. AKhirnya kami sampai di bendungan. Pengarungan dengan pemetaan dari Leuwigoong sampai bendungan memerlukan waktu 2 jam!(cembetul lah..lama juga yaa..) Sesampai di bendungan kami berhenti makan snack dan foto-foto.
Setelah makan snack, pengarungan dilanjutkan pk 13.30 sampai Kopeng karena kalo sampe Limbangan waktu tidak cukup(kesorean). Jadi mulai dari bendungan sampai Kopeng adalah pengarungan biasa. GLorad akan bergantian menjadi skipper didampingi Emil, Yana, Yodi. Jeram- jeram yang dilaui cukup seru walaupun air di Cimanuk lagi agak kering. Pk 16.00 kami sampai di Kopeng. Sambil menunggu jemputan, GLorad sempat latihan upstream nyebrng sungai dan berenang defense-offense. Sakit juga pantatnya nabrak-nabrak batu. Kami juga sempat foto dengan tripod dayung buatan Jekim lohh pake self timer.Keren banget lahh dayung jadi tripod.hahaha..Abis itu udah deh langsung portaging perahu. Lumayan cape juga ngangkut sampai ke mobilnya. Perjalanan pulangnya ternyata cukup jauh juga, hampir 1 jam. Sebelum ke Uniga kami diundang makan ke rumah Kang Oyo ( ga tau jg dalam rangka apa). Dengan badan basah dan mengigil, kami makan hidangan yang disediakan, yaitu ikan asin,tempe, lalab, dan sambel dengan lahap. Yodi sang Keparad aja sampe nambah 3 kali kalo ga salah. Makanan dan nasi sebakul udah abis, praktik SMP (Sesudah Makan Pulang).hehehe..Setelah berpamitan, kami semua menuju Gerhana untuk membereskan logistik dan mandi.  Pk 20.30 kami evaluasi bersama Pak Yana juga sampai pk 22.00. Masih banyak kekurangan dalam manajemen perjalanan kami dan hal-hal lain juga masih banyak yang ’miss’.  Pk 22.00 lebih kami jalan menuju Bandung. Semua cewe naik pick up Widi dengan Yana sebagai supirnya. Sedangkan yang cowo naik motor. Di pick up hampir terjadi ‘kecelakaan’ karena empat4nya ketiduran!!Yana sang driver pun sempat skip sesaat!(untung Tuhan beserta kita).Semua sampai sel dengan selamat…
                    

Logistik pengarungan
-          Perahu          1
-          Dayung         7
-          Helm             7
-          Drybag          2
-          Pompa          1
-          Pelampung 7
-          Rescue rope 2
-          P2                   1
-          Flip line         2


Logistik pemetaan

-          Peta sungai Cimanuk dari google maps           1
-          Papan jalan                                                                 1
-          Kertas kalkir                                                               1pak
-          Pensil kayu                                                                 secukupnya
-          GPS                                                                                                1
-          Kamera                                                                        1
-          Lock n Lock                                                                 1

Tidak ada komentar: