Jumat, 16 Maret 2012

NAVIGASI PANTAI - SANCANG 8-12 Juni 2011




8 Juni 2011
Hari pertama, sekitar pukul 8 pagi dimulai dengan berbelanja di pasar simpang dago untuk melengkapi kebutuhan logistik kami selama latihan navigasi pantai di Sancang. Lalu perjalanan dimulai dengan menuju ke terminal cicaheum sekitar pukul 11. Perjalanan diawali dengan menaiki angkutan umum ledeng-cicaheum dengan biaya Rp 30.000 untuk 7 orang, dilanjutkan dengan menaiki bus budiman trayek Bandung - Karang Nunggal dengan biaya Rp 32.000 per orang, setelah itu sekitar pukul 5 sore di daerah Karang Nunggal kami berganti bus dengan tujuan akhir Ciheras dengan biaya Rp 15.000 per orang. Sampai di Ciheras sekitar jam 8 malam kami beristirahat dan makan malam. Setelah selesai beristirahat kami melanjutkan perjalanan dengan menumpang mobil truk dan berjalan kaki untuk sampai ke sungai Tji Kaingan. Kami sampai di mushola di sebelah sungai Tji Kaingan sekitar pukul 9.30 malam dilanjutkan dengan evaluasi dan memutuskan untuk bermalam di sana.
9 Juni 2011
Kami bangun pukul 5 pagi karena mushola dipakai untuk melaksanakan ibadah, lalu langsung bersiap dan memasak di halaman disamping mushola. Pukul 7 pagi kami sudah selesai makan dan membereskan semua logistik. Hari ini navigator adalah Emil dan Ami, penebas adalah Ido, sedangkan porter adalah Bella dan Mamat. Hari pertama latihan navigasi dimulai dengan menentukan posisi awal oleh navigator dibantu oleh penebas dan porter. Kami beristirahat sekitar pukul 11 selama 1 jam dan memutuskan untuk menghentikan perjalanan pukul 5 sore, lalu membuat camp dan api dilanjutkan dengan evaluasi.
10 Juni 2011
Hari ini kami bangun sekitar pukul 7 lalu memasak serta packing hingga pukul 10 kami siap untuk memulai perjalanan. Navigator hari ini adalah Bella dan Ido sedangkan penebas adalah Rahmat dan porter adalah Ami dan Emil. Namun dikarenakan Ido sedang tidak enak badan, navigasi yang dilakukan menjadi kurang maksimal. Kami istirahat makan siang sekitar pukul 12 hingga 1, dan memutuskan untuk membuat camp pada jam 5. Tadinya kami ingin membuat camp di pinggir pantai, namun karena beberapa pertimbangan akhirnya kami memutuskan untuk membuat camp di tepi sungai. Kami sempat berdebat, sebenarnya di sungai manakah kami membuat camp, Affan dan Heri menebak bahwa itu adalah sungai Tji Djeruk, sedangkan Emil menebak bahwa itu adalah Sungai Tji Kalomeran sedangkan Bella, Ami dan Mamat menebak bahwa itu adalah sungai ditengah-tengah Tji Djeruk dan Tji Kalomeran. Keesokan harinya saat kami melanjutkan navigasi ternyata Emil-lah yang benar. Hari ini kami membuat camp di samping sungai Tji Kalomeran.
11 Juni 2011
Hari ini kami bangun sekitar pukul 6 dan selesai memasak, masak, makan serta packing sekitar pukul setengah 10.  Navigator hari ini adalah Mamat dan Ami, penebas Ido dan porter adalah Emil dan Bella. Hari ini kami berjalan menuju ke barat sampai akhirnya menemukan sungai yang cukup besar yaitu Sungai Tji Djeruk dan memutuskan untuk menyusuri sungai tersebut. Pada pukul 1 kami sudah sampai di tepi pantai dan memutuskan untuk membuat camp di sana. Setelah eval kami bermain pasir dan berenang hingga sore, untuk makan malam kami membeli ikan salmon dan dibakar.
12 Juni 2011
Sekitar pukul 6 pagi kami sudah terbangun dan memasak serta makan hingga pukul 8. Pada pukul 9 kami sudah packing dan siap untuk melakukan perjalanan pulang. Perjalanan pulang kami diawali dengan menyebrangi muara Tjibaluk lalu berjalan ke arah jalan raya dan menuju tasik dengan menggunakan elf dengan biaya Rp 15.000 lalu perjalanan pulang kami dilanjutkan dengan naik bus dari Tasik menuju ke Cicaheum dengan biaya sekitar Rp 23.000. sampai di terminal Cicaheum sekitar pukul 4 sore dan langsung naik angkot menuju ke kampus.

Tidak ada komentar: