Jumat, 16 Maret 2012

Pemetaan Gua Cipatat, Padalarang, Jawa Barat

AKHIRNYA CAVERS BERGERAK!!!
            Itulah yang pertama gw (Bellys) rasakan saat Yoga memutuskan untuk melakukan pemetaan di gua Cipatat. Dua hari sebelumnya kami (Yoga, Onye, dan Gw) berniat untuk latihan gabungan bersama anak RC (Joseph, Inda, Dwika) di Citatah 125. Yang jadi pembimbing di RC tuh Freden, Brian, dan Bli Bayu. Saat berangkat ke citatah, gw dan Onye membeli bahan makanan untuk tiga orang di pasar padalarang. Makanya gw dan Onye sampe ke Citatahnya lebih lambat dari Yoga.
Hari pertama gw sampe di Citatah 125, mereka (Joseph, Dwika, dan Inda) latihan simulasi horizontal dengan kaki tetap menginjak tanah. Mereka mulai dari tebing sebelah kanan dengan tambatan fren. Mereka masih melakukan banyak kesalahan (banyak banget friksinya) dan gerakan mereka belum gesit. Karena cukup useless juga kalo gw liatin mereka latihan doang akhirnya gw bantuin bang Freden masak. Sebelumnya Gw dan Yoga sempet latihan masang Bong, Heks, Blade, Piton, dan menggunakan celah tembus. Tapi hanya sebentar, sisanya kami nonton mereka. Eh, sorenya Gemen sama kak Ana dateng. Kak Ana lucu banget deh gelagatnya, tampangnya juga lucu, jadi gemes lihatnya. Apalagi kak Ana sama Gemen bercanda terus, jadi makin lucu lihatnya.
            Kami sempat mencoba jalur sport yang namanya nananana (Celah? Pantat? Apalah itu namanya)  sapi sama sebelahnya. Jalur sebelah kanan sedikit lebih mudah dibandingkan jalur sebelah kiri. Seperti biasa, yang masang runner tuh bang Freden. Gw lupa deh siapanya, tapi ada salah satu cowo yang nyoba pasang runner di jalur sebelah kiri, tapi karena akhirnya ga bisa jadinya tetep aja bang Freden. Nah, di jalur sebelah kanan dipasang juga tali statis untuk jumar jumar bagi sang fotografer yaitu Brian (setelahnya Freden juga coba jadi fotografer). Setelah hampir semuanya nyoba naik, gw juga nyoba naik dengan di belay Bli. Haha, pas gw nyoba harness yang biru ternyata ga cukup di gw, jadinya pake harness yang lain. Well, pas gw nyoba naik ternyata gw cuma nyampe runner pertama.
            Sebenernya hari pertama ini gw bisa melakukan tindakan yang lebih produktif sih daripada nonton doang dan sekedar nyoba pasang penambat. Bisa aja gw jalan ke puncak citatah 125, bisa aja gw pake tali statis hitam yang jadi cadangan buat nyoba pasang penambat, gw juga bisa aja latihan bikin api, gw bisa aja konsultasi perjalanan GL ke Yoga, nah banyak yang bisa gw lakukan tapi gw malah memilih untuk diam, payah.
            Malemnya gw dan Dwika yang kebagian ambil galon (kita mau ambil dua galon), tapi si Dwika miss communication. Dia kira gw doang yang ambil galon. Akhirnya dia ga ikut rombongan motor (ada 3 motor: Yoga, Bli, Freden). Gw meletakan carrier di warung tempat beli galon. Freden dan Bli kan mau ke toilet, gw juga, jadinya gw ikutan mereka dulu. Niatnya tuh abis gw balik, gw ambil galonnya. Kalo Yoga, karena dia ga mau ke toilet, dia harusnya jemput Nda di waduk ciburuy. Nah, selesainya gw, Freden dan Bli ke toilet, ternyata Yoga tidak berhasil menemukan Nda. Akhirnya kami memutari waduk ciburuy hingga ujungnya muncul di dekat citatah 125. Begitu kami sampai di warung, Dwika sudah berada disana dengan banjir peluh. Ternyata dia sudah bolak balik ambil galon pertama. Tadinya gw mau ambil gallon kedua, tapi Dwika bilang dia aja, yauda akhirnya dia balik ke camp sendiri sambil membawa galon.
            Sampai di camp ternyata ada Mamat, Bella dan Emil. Dwika juga uda nyampe (tentunya dengan keringat yang makin banyak). Akhirnya kami masak kemudian makan (Dwika kasian banget jadi tempat sampah gitu, karena masak nasinya banyak jadinya banyak nasi yang tersisa, akhir2 dia cuma makan nasi pake krupuk). Saat banyak yang uda mau tidur dan rombongan Bella mau pulang, mereka disibukan oleh hilangnya sandal Bella yang diumpetin Yoga, sebenernya Freden sih tapi Yoga jadi tertuduh haha.
            Hari kedua kami bangunnya pagi, tapi pas kami makan tuh ada gangguan gitu dari kopasus. Ternyata hari ini mau ada latihan kopasus di Citatah 125. Kami diminta untuk tidak ada di sini saat latihan, boleh sih pake tebingnya dulu sampe ntar siang tapi karena kami nungguin Joseph yang kemaren malam pulang dan janjinya dateng hari ini pas subuh, jadinya kami ngobrol sama kopasus sambil packing. Kami ngobrol sampe akhirnya Onye, Gemen, Joseph dan Gega dateng.
            Lagi-lagi, sebenernya banyak yang bisa gw (kita) lakukan buat nunggu Joseph dateng. Bisa aja kita nyoba lagi jalur sportnya, bisa aja gw gantiin posisi Joseph untuk latihan horizontal (kalo dibolehin Freden sih), bisa aja latihan jumar-jumar, haaaah, banyak deh yang bisa dilakukan. Apalagi kalo Onye uda dateng dengan membawa autostop, kroll, dan teman-temannya, bisa sekalian rapling, latihan SRT, latihan rigging, banyak kan tuh? Sebenernya jarang-jarang juga sih ngobrol sama kopasus, tapi ga perlu selama itu juga kan, masa ngobrol dari jam delapan sampai jam satu, gelo.
            Sebelumnya uda disepakati bahwa kalo Joseph sama Gega dateng, yang menangani mereka adalah Dwika. Mereka baru dateng jam 12an, sementara janjinya pagi. Alasan Joseph tuh nungguin Gega dulu. Akhirnya Dwika ngasi hukuman push up carrier, Joseph dan Gega pun tak menolak. Selama meraka push up carrier, Dwika hanya melihat, dia bahkan ga ikutan push up, yaaah, setidaknya push up kek walaupun tanpa carrier. Kata Brian sih, itu push up carrier pertama yang pernah ada di latihan simulasi horizontal vertikal (ini tuh dengan konotasi buruk lho). Abis itu kita pamit dan berangkat ke citatah 90. Langsung deh Joseph, Dwika dan Inda simulasi horiszontal. Gega ga ikut. Dia mau break dulu dari RC, dia mau beresin persoalan dia baik sama ibunya yang ga mengizinkan dia maupun sama nilai dia yang ga terlalu bagus (itu sepaket sih sebenernya). Kasian juga Joseph, uda cape-cape nunggu Gega, eh ternyata Geganya malah ga ikut latihan.
Tadinya tuh caving mau latihan multi pitch, tapi alatnya kurang dan ga ada harness caving. Horror juga kalo turun dari ketinggian 90 meter cuma pake harness webbing apalagi kalo harness webbingnya ga di double. Tapi kami sempat latihan naik turun pake jumar-jumar(jumar-krol sih adanya) itu pun cuma naik dua kali. Parah, pas awal2 tuh gw lupa cara masang harnessnya. Yoga jg ga mau gerak untuk ngajarin (gw nya juga ga bujuk Yoga lebih jauh sih). Untung ada bang Freden yang masih mau ngajarin (dia belum ngerasain aja ngajarin gw yang ga bisa-bisa mulu kalo diajarin). Gw baru tau lho kalo nama harness caving tuh Samantha, imut ya namanya, jadi pengen cari tau asal muasalnya dari mana. Hehe, tapi pas gw uda mau naik talinya, Yoga juga ikut merhatiin. Kayaknya dia ga enakeun juga kalo ninggalin gw. Yah, akhirnya gw sempet dua kali naik turun. Lumayan enak juga, cuma karena ga pake chest harness, gw ngerasa kayak ada yang kurang. Gw paling serem pas lepasin jumar atas, bukan pas lepasinnya sih, tapi setelah lepas dan saat gw mau di posisi duduk lagi itu tuh serem, takut ngejungkal ke belakang.
Sementara itu, di simulasi horizontalnya  Inda yang jadi leader, Joseph cleaner. Mereka lama, selesainya jam 7. Uda gelap. Pas uda gelap tuh pas bagian Joseph, dia ga bawa headlamp, gw bawa. Tapi gw dengan egoisnya ga mau samperin Joseph buat ngasi headlamp. Gila, gw ga tau apa yg gw pikirin saat itu. Gw nyesel banget. Gw ngerasa parah bgt. Sebelum briefing, Brian sempet nyindir gw. Wajar. Gw ga bisa jawab apa2 saat itu. Mau kasi alesan kalo headlamp gw ga terang? Halah, itu mah speak doang. Gw emang sadar kalo gw saat itu ga mau bergerak kesana. Malah gw ngasih headlamp ke Gemen, yang akhirnya headlampnya diambil Onye buat dikasihin ke Joseph.
            Evaluasi buat hari ini tuh tegang banget. Saat eveluasi ada Tetu, Ade, Bli (Dia balik pagi2 hari kedua), dan Nurul dateng. Briefing buat besok sama aja tegangnya. Hadah. Pusing. Freden punya espektasi yang tinggi sama Joseph, Dwika, dan Inda. Tapi hasil latihan mereka ga bagus.
            Setelah briefing, diputuskan bahwa besok Ade harus ke pasar buat supply makanan. Jadi Inda dan Joseph langsung sibuk mempersiapkan menu. Nah, ternyata Bli bawa ayam. Dia emang ulang tahun hari ini. Jadi kita bakar dan goreng ayam dulu. Abis itu semuanya tidur, kecuali beberapa orang yang tetep asyik ngobrol2 di luar, sepertinya sih mereka tuh Freden, Tetu, Nurul, Andi, dll.
            Hari ketiga, pas bikin sarapan tuh parah banget. Uda sengaja bangun jam 5 supaya jam 7 uda bisa latihan (Gila kalo Onye ga terus bangunin gw, pasti gw ga berhasil bangun) Ternyata jam 7 baru mau makan. Masalahnya ada di nasi sama perkedel jagung. Joseph sama Dwika tuh kurang bantu dalam memasak. Masa mereka cuma bikin masing-masing satu misting nasi dan itupun keras nasinya. Mereka ga bantu hal lain kecuali menuangkan air. Kalo ga dibantu Yoga dan yang lain, mungkin pagi itu kami bakal makan nasi keras. Kalo perkedel jagung tuh entah kenapa minyaknya ga panas2. Rasa perkedel jagungnya juga agak aneh. Kalo itu, gw baru tau pas di rumah, ternyata kami tuh kurang memberikan setidaknya satu butir telur, makanya rasanya agak ga enak dan perkedelnya ga mengembang. Masalah ekstra juga muncul akibat dari kehabisan minyak goreng. Untungnya margarin kami masih banyak.
            Nah, selesai makan, yang mau latihan horizontal vertikal langsung siap2 dan tancep gas. Nda dan istrinya dateng, Istrinya cantik deh, ga nyangka haha. Nah, abis itu ade mau ke pasar, gw mau ke toilet, jadinya gw numpang Ade. Gw sekalian juga belanja sama Ade. Pas keluar dari belokan citatah 90 tuh ada Sojo. Hehe, seneng gw ngeliatnya, berarti gw ga sendirian lagi (sendirian GL caving). Selesai belanja, akhirnya Yoga memutuskan untuk pergi ke gua Cipatat buat latihan pemetaan, yeiii.
            Cavers pun packing dan berangkat (Yang berangkat tuh Yoga, Nurul, Gw, dan Sojo), Onye mau ke Jakarta jadinya ga ikutan. Kami naik motor sampai warung langganan. Disana kami shalat dulu. Ganti-gantian shalatnya soalnya cowo2 kan shalat jumat. Pas Yoga dan Sojo shalat, Nurul menerangkan dulu pemetaan gua tuh gimana. Begitupun sebaliknya, pas gw dan Nurul shalat, Yoga menerangkan ke Sojo. Ada ekstra ilmu dari Yoga, yaitu kompas kanan dan kompas kiri, hal itu diambil untuk mengatasi pengambilan jarak kanan dan kiri yang mungkin tidak tepat tegak lurus.
            Setelah itu kami menitipkan barang bawaan ke warung lalu berangkat menggunakan motor ke gua. Nah, rencana awalnya tuh mau pemetaan di gua Cikaracak. Tapi kami tidak berhasil menemukan guanya. Kami sudah menemukan belokan ke kiri yang mirip sekali jalur ke gua cikaracak tersebut. Tapi tidak ada gua yang kami temukan disana. Disana kami malah menemukan penampang yang mirip dengan ingatan gw mengenai gua cikaracak. Tapi tempat yang seharusnya sudah ada guanya malah tertutup batu-batu. Di bagian lebih kebawah, terlihat batuan besar yang masih baru, batuan itu seolah-oleh baru-baru ini jatuh dari atas mulut gua. Batu-batuan di tempat kami menduga awalnya mulut gua juga terlihat masih baru, tidak stabil dan ada bekas putih-putih yang menandakan bekas benturan. Kami menduga bahwa gua cikaracak sudah terkubur dibalik bebatuan itu. Kami sudah mencoba menelusuri jalan lain, siapa tau dugaan kami bahwa gua cikaracak terkubur itu salah, tetapi tetap saja kami tidak menemukan gua cikaracak.
            Akhirnya kami ke gua cipatat. Karena headlamp yang kami bawa hanya tiga, maka Yoga tidak ikut pemetaan, dia berjaga di entrance gua. Gw jadi shooter, Nurul jadi stasioner, dan Sojo jadi descriptor. Gw sedikit bermasalah pas awal-awal make clino, gw agak bingung gimana nge-shootnya dan pernah gw salah baca bagian yang kiri atau kanan, untung karena ga masuk akal makanya gw sadar kalo gw salah. Kalo pas menentukan kompas kanan dan kompas kiri, ada jalur yang gw ga bisa lihat senterannya dimana. Gw juga salah pada pembacaan kompas, gw bacanya kurang teliti, gw cuma ambil angka yang kelipatan lima. Sepertinya di beberapa tempat gw juga salah saat menentukan titik yang dilihat untuk kompas kanan dan kiri. Kalo descriptor, dia ada yang lupa menambahnya letak si stasionernya dimananya di gambar dia.
            Setelah kami selesai mengumpulkan data, kami makan mie gelas bikinan Yoga. Haha, kami lupa membawa sendok, dan gelas. Padahal tangan kami sangat kotor sehingga tidak mungkin makan mie nya langsung gitu. Untung di warung kami membeli minuman gelas (gw lupa apa merk nya, yg pasti tuh merk yang ada hadiahnya). Setelah itu kamipun kembali ke ITB.
--------------------------------------
            Nah, sekarang bagian mengolah data hasil pemetaan kami. Gw nyoba mengolah data tersebut di rumah. Tapi gw mendapati adanya beberapa kejanggalan dan kesalahan. Tidak sinkron data antara kompas kanan atau kiri dengan tape kanan atau kiri, kalau tidak sinkronnya dikit sih masih maklum, ini tuh ga sinkronnya parah (cuma di dua stasiun sih, tapi tetep aja ngaruh ke petanya). Di beberapa tempat, gambar hasil deskriptornya tidak terlalu jelas, apalagi yang penampang atas, sehingga ketika membuat petanya agak meragukan dalam menggambar lorong-lorongnya. Ada juga bagian yang deskriptornya lupa memberikan tanda letak posisi stasioner.
            Sebaiknya untuk shooter, dia menembak kompas kanan dan kompas kiri dengan keakuratan tinggi pada tempat stasioner mengukur tape nya. Kalo menggunakan kompas juga jangan dengan skala terkecilnya kelipatan lima, harusnya bacanya dengan lebih teliti. Jangan tertukar juga melihat clino yang sebelah kiri atau kanan, bisa di cek kok dengan melihat di ujungnya, bila ada tanda persennya berarti bukan angka itu yang dilihat. Jangan lupa juga mengukur tape kiri, kanan, dan atas dari entrance. Kalo ada chamber walaupun kecil seperti ujung lorong yang sebelah kiri, tetep aja perlu diambil data supaya tau kira-kira seberapa luas, atau kalo ga, deskriptornya harus gambar yang jelas. Lebih bagus lagi sih kalo ada foto.