Selasa, 31 Agustus 2010

Tegal Panjang

Tegal panjang, the secret sabanna
July 20, 2010 by windabanyuradja

Pikiran saya masih agak kacau dengan kejadian kecelakaan yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Begitu pula dengan beberapa teman saya. Jadi untuk menghilangkan kepenatan kami memutuskan untuk jalan – jalan ke tegal panjang. Memang tegal panjang ini belum begitu terkenal di antara pecinta alam – pecinta alam maupun wisatawan. Akses tempat ini pun masih sulit.
Saya berangkat hari jumat, 4 juni 2010. Kami memulai perjalanan pukul 09.00, dari itb kami naik angkot jurusan dago-kalapa sampai ke terminal kalapa. Tiba di kalapa pukul 09.45. Lalu kami pun mulai menunggu bus yang arah pangalengan. Silakan tanya saja kepada orang sekitar dimana tempat paling yahuud untuk nunggu bus ini. Karena nunggunya ga di terminal. Karena menunggu bus pangalengan ini cukup lama, jadi kami beli es cendol dulu serta berteduh di depan rumah kosong, karena waktu itu hari hujan. Akhirnya bus pun datang kira – kira pukul 10.30.
Kami tiba di pangalengan pukul 16.00. Kami pun carter angkot ke arah desa cibatarua. Kami harus carter karena sudah tidak ada angkot jam segitu ke arah cibatarua. Yasudah kami pun naik mobil carteran. Ternyata jalan ke desa Cibatarua ini ajegilebinbuset juga yah. Jalan tersebut rusak parah, dan shockbreaker angkot yang ‘yah gmana lagi’, membuat pantat saya terasa lecet – lecet. Saat di dalam angkot, Mas Sigit (senior saya) menyetel lagu shaggy dog. Sungguh mengena tiap lirik lagu jalan-jalan dari shaggy dog. Dan sejujurnya, sambil membuat catatan perjalanan ini saya memutar lagu itu kembali. Hahaha.
Tiba di cibatarua jam 18.30, senior saya pun menemui Kang Maman untuk menginap di rumah beliau. Ternyata beliau belum pulang. Kita pun diterima oleh istrinya. Kita pun masak di dapur rumah Kang Maman. Malamnya Kang Maman pulang dan kita pun beramah tamah.
Besok pagi kami berangkat pukul 10.00 menuju tegal panjang. Dari cibatarua kami melewati desa papandayan. Lalu dari desa papandayan kami melewati perkebunan teh. Seluas mata memandang saya hanya melihat tanaman teh yang hijau dan menyegarkan mata. Setelah itu kami melewati ladang penduduk. Masyarakat daerah ini sangat ramah. Setelah melewati ladang, kami mulai memasukki daerah hutan yang cukup lebat kira – kira pukul 11.00. Untuk mencapai tegal panjang kami harus masuk ke dalam hutan dan melewati tiga punggungan dan tiga sungai kecil. Setelah 1 jam berjalan ternyata kami salah jalan alias nyasar. Cobaan dari sang mahaalam pun datang, hujan deras mengguyur kami di tengah hutan. Kami pun memutuskan untuk menuju sungai dan memasang flysheet sebagai tenda darurat untuk berteduh. Beberapa anggota tim ada yang memasak makan siang, dan beberapa anggota lain pergi mencari jalan. Jujur saya cukup panik karena jarum jam saya telah menunjukkan jam 14.00. sedangkan kami belum baru melewati satu punggungan. Anggota tim yang mencari jalan kembali dan menyampaikan kabar yang tidak begitu baik. Mereka tidak menemukan jalur pendakian. Daerah ini memang jarang didaki dan belum terkenal. Sehingga dengan cepat tanaman – tanaman hutan akan memakan jalur pendakian. Setelah hujan reda kami pun memutuskan untuk kembali ke ladang penduduk untuk bermalam di sana. Namun dalam perjalanan pulang kami bertemu dua pemburu yang kebetulan ingin berburu di tegal panjang. Maklum, tegal panjang masih sangat alami, kita dapat menemukan berbagai jenis satwa seperti monyet, burung, babi hutan, rusa, sampai kucing hutan atau macan kumbang. Kami pun berangkat bersama pemburu tersebut ke tegal panjang.

Perlu dicatat, sungai pertama yang dilewati mengalir dari kiri ke kanan, arusnya cukup deras, dan lebar sungai kira- kira 2,5 meter. Tepat setelah sungai pertama terdapat tanjakan lurus kira – kira sejauh 15 meter. Sungai kedua adalah sungai rawa berlumpur. Dan sungai ketiga adalah sungai yang tidak begitu besar. Tegal panjang berada di punggungan setelah sungai ketiga.
Matahari sudah tenggelam dan tidak lagi ada cahaya di dalam hutan. Kami pun mengeluarkan senter masing – masing. Ingat pergerakkan malam sangat tidak dianjurkan. Setelah perjalanan yang melelahkan di tengah kerumunan tumbuhan berduri di dalam hutan, tibalah kami di tegal panjang. Sabanna luas yang dikelilingi punggungan dan gunung. Rumput – rumput setinggi paha melambai – lambai ditiup angin lembahan memantulkan cahaya bulan yang berjaya. Padang rumput yang begitu luas diikuti oleh bentukan alam berupa cekungan sedalam 6 meter yang meliuk – liuk seperti ular raksasa.
Kami segera mendirikan tenda dan mencari kayu bakar untuk mengeringkan badan yang basah karena hujan dan keringat. Tegal panjang sangat dingin karena angin bebas berkeliaran menusuk masuk ke camp.
Pagi perdana di tegal panjang tidak akan saya sia – siakan. Saya bangun jam 05.30. Kehangat sleeping bag segera berganti dengan dingin embun rumput yang membuat ujung- ujung kaki saya mati rasa. Saya segera mengambil kamera dan memotret sunrise tegal panjang.
Kabut – kabut menyelimuti barisan punggungan yang mengelilingi tegal panjang. Matahari pun muncul seolah – olah menunjukkan kejantanannya pada para pendaki yang merindukan kehangatannya. Setelah makan pagi, saya pun jalan – jalan ke tengah padang rumput yang seolah tak bertepi. Celana saya basah karena embun ilalang yang menyapu setiap langkah kaki saya. Di tegal panjang ini terdapat kubah air sedalam 5 meter yang tidak pernah kering. Air dari kubah air ini sangat dingin.
Rumput di tegal panjang kali ini sudah setinggi paha karena saya datang pada bulan – bulan penghujan. Sebagai informasi, rumput di tegal panjang secara berkala akan dibakar warga untuk mencegah kebakaran hutan. Biasanya warga membakar rumput tersebut di awal musim kemarau. Jadi waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tegal panjang adalah akhir musim kemarau, karena rumput – rumput baru tumbuh setinggi betis.
Tegal panjang memang tempat yang tepat untuk bermalas-malasan. Saya dan teman – teman KMPA bermain kartu, bermain monopoli, dan main bola gebok. Malam hari kedua cuaca sangat bersahabat. Langit malam begitu cerah tanpa awan. Bintang dan bulan berlomba menerangi malam hari ini.
Pagi hari ini seperti hari sebelumnya, cerah dan berkabut. Setelah puas berfoto – foto. Kamu pun berangkat pulang menuju desa cibatarua lewat jalan pergi sebelumnya. Sebenarnya dari tegal panjang kita dapat pulang melewati pondok selada, Gunung Papandayan. Tapi KTP saya kemarin ditahan oleh Pak RT Cibatarua. Dari cibatarua kita dapat naik truk pengangkut daun teh untuk sampai ke Sedep. Dari sedep kita dapat naik pick up menuju Pangalengan. Dari pangalengan kita naik angkutan umum langsung ke Bandung tepatnya ke Tega lega. Dari Tegalega kita bisa naik angkot Cisitu menuju ITB.
Begitulah perjalanan saya kali ini. Tegal Panjang, i will come back someday.